Pendidikan Bahasa Arab

Sidang Munaqosah STAI-IC Demak, Sarjana Harus Punya Karakter Berkualitas

Demak, arusutama.com – Sebanyak 21 mahasiswa dari tiga program studi Ekonomi Syariah (ES), Ilmu Tafsir Hadits (IAT) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Islamic Centre Demak telah melaksanakan sidang munaqosah gelombang dua di Aula Gedung Kampus STAI-IC Jogoloyo, Wonosalam, Demak, Rabu (14/6/2023).

Sidang berlangsung sangat hikmat dan berjalan dengan lancar. Kemudian diakhir sidang dilanjutkan dengan penutupan sekaligus pengumuman hasil sidang skripsi dan semua peserta dinyatakan lulus serta berhak menggunakan gelar sarjana.

Dalam sambutannya, Ketua STAI Islamic Centre Demak, Dr. H. Ahmad Zuhri, M.Pd.I mengatakan bahwa pelaksanaan sidang sudah dilaksanakan sesuai dengan proses standar yang berlaku secara akademik.

“Kami yakin saudara semua sudah melakukan yang terbaik dan menjawab pertanyaan dengan bagus. Dan, setelah saya melihat hasil rekapan, menimbang serta memperhatikan, maka saya nyatakan bahwa seluruh peserta munaqosah pada hari ini telah mencapai hasil lulus,” katanya diikuti tepuk tangan peserta sidang.

Kemudian, lanjut Zuhri, setelah munaqosah–revisi harus segera diselesaikan dalam waktu satu minggu, karena hal tersebut menyangkut kredibilitas dan kualitas hasil karya mahasiswa, agar hasil karya ilmiahnya dapat segera dipublikasikan dan bisa dibaca oleh banyak orang sebagai referensi ilmiah dalam pengembangan keilmuan.

Ia berharap, melalui munaqosah tersebut bukan berarti akhir dari sebuah perjuangan namun sebuah pembuktian dan tantangan–kalau karya ilmiahnya harus mampu menunjukkan kepada masyarakat dan merealisasikannya, bukan hanya mampu melaksanakan kegiatan kependidikan semata namun juga harus menunjukkan jatidirinya sebagai sarjana.

“Sehingga sarjana itu bukan karena ilmunya saja yang kita kuasai tetapi karakter berkualitas harus menjadi bagian yang paling prinsip di dalam kampus kita,” ucapnya.

“Dan, kita menunggu proses berikutnya, insyaAllah nanti pada bulan september atau oktober kita akan melaksanakan wisuda , mudah-mudahan tidak ada halangan suatu apapun dan saya ucapkan selamat yang telah menempuh atau melaksanakan munaqosah.” pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya telah ada 10 mahasiswa yang sudah lulus sidang munaqosah pada gelombang pertama, dan nantinya akan diadakan gelombang ketiga diakhir bulan Juni 2023.
Turut hadir juga penguji sidang munaqosah, Dr. Ahyadi, S.Ag, MH, M.Pd.I, H. Muhammad Aniq, Lc,. MA, Drs. H. Khoirul Anam, M.Si, dan Drs. H. Masrohan, M.Pd. (Sam)


https://arusutama.com/2023/06/14/sidang-munaqosah-stai-ic-demak-sarjana-harus-punya-karakter-berkualitas/