Memahami Ayat Muhkamat dan Mutasyabihat
Al-Qur’an telah menjadi pedoman bagi seluruh umat Islam di dunia. Al-Qur’an adalah mukjizat terbesar, terbesar, dan terindah dalam dinamika kehidupan manusia. Namun, ketika memahami Al-Qur’an, masih sulit bagi umat Islam untuk memahami maknanya dengan benar, karena masih ada ayat-ayat yang perlu penjelasan lebih lanjut. Dalam kajian Islam, hal ini sering disebut dengan muhkam dan mutasyabihat. Jika umat Islam tidak bisa memahami keduanya dengan benar, tentu akan menimbulkan masalah yang serius khususnya yang menyangkut masalah akidah. Para ulama memiliki banyak perbedaan dalam memahami ayat-ayat mutasyabihat
Ayat-ayat muhkamat adalah ayat-ayat yang memiliki makna yang jelas dan tidak ambigu. Dengan kata lain, memahami ayat muhkamat pemahamannya tidak diragukan dan mudah dipahami makna dan isinya, karena jelas maknanya. Sedangkan, Ayat mutasyaabihat adalah ayat yang memiliki makna yang samar-samar dan sering kali memiliki makna yang ambigu bila tidak ditadaburi makna nya dengan baik. Biasanya ayat-ayat mutasyaabihat berkaitan dengan sifat-sifat Allah juga seringkali berada pada awal surat. Kita tidak dapat memahaminya secara harfiah. Sebab, jika diartikan secara harfiah akan memberikan kesan akan menumbulkan kerancuan. Kata muhkamat dan mutasyabihat dalam alquran ada pada contoh 2 ayat ini:
الٓر ۚ كِتَٰبٌ أُحْكِمَتْ ءَايَٰتُهُۥ ثُمَّ فُصِّلَتْ مِن لَّدُنْ حَكِيمٍ خَبِيرٍ
Alif laam raa, (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu,

ٱللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ ٱلْحَدِيثِ كِتَٰبًا مُّتَشَٰبِهًا مَّثَانِىَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ ٱلَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُدَى ٱللَّهِ يَهْدِى بِهِۦ مَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُضْلِلِ ٱللَّهُ فَمَا لَهُۥ مِنْ هَادٍ

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.

Contoh ayat mutasyaabihat adalah kitab yang menjelaskan tentang keberadaan Allah. Dalam Surah Thaha ayat 5,
ٱلرَّحْمَٰنُ عَلَى ٱلْعَرْشِ ٱسْتَوَىٰ
(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang bersemayam di atas ‘Arsy
dikatakan bahwa Allah memiliki istiwa di atas singgasana.
Sementara itu, dalam surat Al-Baqarah ayat 115
وَلِلَّهِ ٱلْمَشْرِقُ وَٱلْمَغْرِبُ ۚ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا۟ فَثَمَّ وَجْهُ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui.

disebutkan bahwa Allah ada di berbagai tempat di bumi. Dalam surat ash-Shaffat ayat 99
وَقَالَ إِنِّى ذَاهِبٌ إِلَىٰ رَبِّى سَيَهْدِينِ

Dan Ibrahim berkata: “Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku.
disebutkan bahwa Nabi Ibrahim akan pergi menemui Allah. Dalam kisahnya, dikatakan bahwa Nabi Ibrahim akan pergi ke Palestina. Jika memahami ayat ini secara literal saja akan menyebabkan kerancuan bagaimana mungkin Allah bertempat selayaknya makhluk. Tidak mungkin Allah menyerupai makhluk yang memiliki kekurangan, Allah lah Tuhan Yang Maha Segala-Nya tanpa ada kekurangan sedikitpun.
Dengan memahami perbedaan antara mutasyaabihat dan muhkamat kitab suci, orang akan lebih memahami makna yang terkandung dalam Al-Qur’an. Namun, perlu juga dipahami bahwa butuh waktu lama untuk memahami pengetahuan dasar ini. Oleh karena itu, selalu dibutuhkan guru yang berkualitas sebagai guru yang dapat membantu kita lebih memahami ajaran Islam. Ayat-ayat Al-Qur’an, termasuk muhkam dan mutasyabih, semuanya berasal dari Allah swt. Jika makna muhkam jelas dan mudah dipahami, tetapi makna mutasyabih kabur, tidak semua orang dapat memahaminya, mengapa tidak mewariskan muhkam agar semua orang dapat memahaminya dengan mudah. Oleh karena itu, para ulama berusaha melakukan penelitian untuk mengungkap misteri dan hikmah tersebut.
Perbedaan pandangan dalam memaknai ayat mutasyabihat merupakan rahmat Allah swt. darinya akan ada berbagai macam madzab dengan dalil yang kuat. Bila semua ayat dalam alquran hanya ayat muhkam saja maka hanya akan ada satu macam madzhab saja. Keberadaan kitab-kitab tersebut juga merupakan cobaan dan ujian bagi manusia, beriman atau tidaknya kepada yang ghaib berdasarkan amanat yang disampaikan oleh orang-orang yang bertakwa. Sebagai bukti kelemahan dan kebodohan manusia. Sehebat apapun persiapan dan segudang ilmu, hanya Tuhan yang tahu segalanya. Adanya kitab mutasyabih dalam Al-Qur’an membuktikan mukjizatnya. Memudahkan orang untuk mengingat dan memeliharanya. Karena setiap pengucapan yang mengandung banyak penjelasan menunjukkan banyak arti. Jika Anda menggunakan pelafalan langsung untuk mengungkapkan makna ini, Al-Qur’an harus berjilid-jilid tebalnya. Hal ini tentu saja sulit untuk diingat dan dipelihara. Selain argumen naqli, juga memberikan ruang bagi manusia untuk menggunakan potensi yang ada (yaitu rasionalitas). Berperan dalam mengajukan argumen, membebaskannya dari taqlid.
Adapun hikmah adanya ayat muhkamat adalah berkah bagi umat manusia, terutama bagi mereka yang lemah dalam bahasa Arab. Dengan kitab suci muhkam yang jelas sangat berarti dan bermanfaat bagi mereka. Memudahkan manusia untuk memahami makna dan maknanya. Juga memudahkan mereka dalam memahami makna maknanya, sehingga lebih mudah dalam mengamalkan pelaksanaan ajarannya. Mendorong masyarakat untuk secara aktif memahami, menghayati dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Menghilangkan kesulitan dan kebingungan masyarakat mempelajari isi ajarannya, karena pengucapan kitab suci itu sendiri dapat menjelaskan makna dan membantu guru, dosen, misionaris dan juru dakwah dalam upaya mereka menjelaskan ajaran Al-Qur’an dan kitab sucinya kepada masyarakat.

One thought on “Memahami Ayat Muhkamat dan Mutasyabihat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *